Iqbal Jalaludin
Lakukan Cara Ini untuk Menghemat Uang Anda Iqbal Jalaludin


Mengelola uang memang bukan hal yang sulit, namun untuk sebagian orang mengelola uang juga termasuk kegiatan yang sulit dilakukan. Setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing dalam mengelola uang. Karena jika tidak bisa mengelola uang, itu akan berpengaruh pada jangka waktu uang, mulai dari uang cepat habis atau masalah lainnya. Maka dari itu, hindari hal berikut ketika Anda sedang mengelola keuangan:

1. Memberi Pinjaman ke Orang Lain

Memberikan orang lain bantuan adalah hal yang mulia, tapi jangan juga terlalu baik dalam meminjamkan uang ke orang lain, apalagi kepada orang yang tidak bertanggung jawab. Terkadang, Anda harus berkata tidak walau pada keluarga sendiri, terlebih jika kondisi keuangan Anda sedang pas-pasan.

2. Telat Membayar Kartu Kredit

Jika Anda menggunakan kartu kredit, jangan sampai telat membayar tagihan kartu kredit, atau Anda akan berurusan dengan bunga berbunga. Jika pembayaran terlalu sering telat, riwayat kredit akan menjadi buruk.

3. Salah Membeli Asuransi

Sebelum membeli asuransi dan lain-lainnya, Anda musti baca dengan cermat kontrak yang disodorkan. Jangan ragu bertanya pada orang-orang yang memiliki pengalaman lebih.

Anda bisa bertanya melalui fitur tanya jawab yang ada di aplikasi Finansialku, para perencana keuangan siap membantu Anda. Asuransi ini penting, selain tabungan darurat, Anda membutuhkan asuransi, baik itu kesehatan dan jiwa, yang bagus untuk melindungi diri dan keuangan.

4. Banyak Pengeluaran Tak Terlalu Penting

Lihat daftar pengeluaran, dan carilah pengeluaran yang tidak terlampau penting seperti paket premium TV berbayar. Jika Anda tidak terlalu membutuhkannya, jangan dibeli.

5. Tak Punya Dana Darurat

Semua orang tahu betapa pentingnya dana darurat. Anda perlu memiliki dana darurat yang akan berguna untuk kejadian-kejadian tak terduga. Seperti, kehilangan pekerjaan atau tiba-tiba harus membayar pengeluaran medis yang besar. Dana darurat ini harus cukup untuk menutup kebutuhan hidup atau pengeluaran hidup Anda setidaknya untuk tiga bulan kedepan.

6. Terlalu Mengedepankan Gengsi

Pikirkan apa yang Anda mampu beli dan tidak mampu beli, selanjutnya kritis menilai perbedaan antara “mau” dan “butuh”. Jujurlah pada diri sendiri akan kemampuan yang kita miliki, jangan sampai gengsi merusak target-target keuangan yang sedang ingin Anda kejar.

7. Meminjam Uang untuk Hal yang Tidak Penting

Hindari terlalu banyak berutang sana-sini, dan jangan terdorong meminjam uang walaupun sedikit. Hidup dari kerja dan usaha yang Anda hasilkan akan membuat Anda lebih mandiri dan pintar dalam mengatur keuangan.

8. Tidak Memiliki Anggaran

Ini adalah pemahaman yang sering menyebabkan seseorang gagal mengatur keuangannya, karena orang seperti ini tidak memiliki anggaran yang disusun untuk mengontrol pos-pos keuangan. Dengan anggaran, Anda akan mengetahui pengeluaran yang tidak terkontrol itu ada di bagian yang mana.

9. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Tidak percaya diri dengan apa yang Anda miliki bisa membuat Anda membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan hanya demi pamer. Lebih baik, fokus dengan hal terbaik yang telah Anda miliki, dan ingatlah bahwa orang lain mungkin tidak semakmur seperti yang kita lihat.

10. Lapar Mata

Jika Anda sering jalan-jalan di mall pasti pernah mengalami yang namanya lapar mata, dan membeli barang-barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan, dan tidak terlalu penting. Meskipun murah, lama-lama, kebiasaan ini akan berimbas pada kesehatan keuangan Anda lho, percaya deh. Itu tadi kenapa Anda harus memiliki anggaran untuk dijadikan patokan pengeluaran disetiap pos-pos keuangan.

Itulah beberapa kesalahan yang harus Anda hindari jika sedang mengelola keuangan. Sekarang sudah bisa dong bagaimana mengatur keuangan yang baik?

Semoga bermanfaat…



Source link